Mengapa Z800 lebih MURAH dibandingan ZX6-R?

Masih ingat beberapa waktu lalu ketika Kawasaki Z800 hadir di Indonesia dan harganya dibandrol “hanya” 170Jutaan? Lah? 800cc 4 silinder kok cuma 180jt? 600cc 4 silinder aja 235jutaan. Spekulasi pun banyak muncul. Ada yang berpendapat itu harga Of the Road, dan ada juga yang berpendapat itu akan menghancurkan pasar ER6F dan ER6N, Dan juga menghancurkan perasaan owner ER6N/F yang udah dimodif abis-abisan. Hihihi.

Image

Oke balik ke topik utama, Z800 lebih murah daripada ZX6-R dikarenakan Z800 memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan ZX6R. Volume silinder boleh lebih besar, namun spesifikasi lainnya seperti : Kompresi, ECU, sistem injeksi dan lain sebagainya, ZX6-R jauh lebih unggul karena spesifikasi yang dianut ZX6-R itu spesifikasi motor supersport dan bahan yang digunakan pun menggonakan logam-logam mahal, sehingga ZX6-R lebih ringan, sedangkan Z800 memiliki spesifikasi menengah, sehingga tidak terlalu agressive.

Image

Kita buat perbandingan saja jika MISALKAN Pulsar 220 diadu dengan CBR150R. Menang mana? Pasti tau kan jawabannya. Seperti di Video di bawah ini, yaitu adalah review accelerasi dan top speed Z800 dengan ZX6-R. Terlihat ZX6-R memiliki dan akselerasi yang lebih tinggi dan tentunya top speed juga lebih tinggi.

Z800 hanya memiliki top speed 234km/jam Sedangkan ZX6-R memiiki top speed sekitar 280km/jam

Jadi jangan heran jika harga Z800 lebih murah dibandingkan ZX6-R. Temen-temen pilih mana ni? Z800 atau ZX6-R? Kalo ACR sih gak sampe kepikiran kesana, coz duitnya gak nyampeee.. hahaha.

Iklan

2 thoughts on “Mengapa Z800 lebih MURAH dibandingan ZX6-R?

  1. nice artikel šŸ™‚
    memang, kubikasi bukan selalu menjadi tolak ukur komparasi sebuah motor (performa, harga, dll). cuma sayang nya mindset kebanyakan masyarakat umum di negara kita sudah terlanjur seperti itu.
    diliat dari spesifikasi fitur pun, jelas ZX6R 636 unggul, dimana brakes system depan udah radial, sementara Z800 masih axial.
    part2 lain seperti swing arm, frame, dll juga unggul ZX6R yg seperti bro bilang, sebuah motor supersport.
    motor supersport, superbike dan sejenisnya memang biasanya lebih mahal dari motor2 naked dengan kubikasi yg sama atau bahkan kubikasi yg lebih besar dari mereka. karena fitur2 yg diselipkan, misalnya; launch control, kontrol traksi, damping elektronik, dll.

    • Yupz, benar sekali bro. Kapasitas mesin gak menjamin lebih kencang ataupun lebih mahal. Tapi fitur dan spesifikasi lainnya sudah pasti membuat motor menjadi Kencang dan mahal. Thankz dah mampir bro, silahkan lihat2 artikel lainnya šŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s