Fairing Krotok-Krotok, ini Toh Masalahnya

Sekitar tiga hari yang lalu, ACR mengalami hal yang cukup membuat jengkel dan tidak nyaman saat berkendara, yaitu fairing berbunyi krotok-ktotok di bagian bawah dashboard seperti benturan-benturan kecil dari body motor. Ini cukup membuat ACR jengkel dan tidak nyaan saat berkendara, terutama saat melintasi permukaan yang tidak rata. Akhirnya kemarin sore, sepulang kerja ACR menyempatkan diri untuk mengecek si Blacky. Pertama ACR bongkar bagian dashboard, merapikan kabel-kabel yang menuju speedometer, lampu utama dan sein. Lalu ACR memasangnya kembali dan mengetes si Blacky di jalan yang memiliki permukaan yang tidak rata, namun apa yang terjadi.? Suara krotok-krotok masih saja terdengar tanpa perubahan.!
Kabel dibawah dashboard saat di bongkar, bak kapal alien
Ini semakin membuat ACR menjadi frustasi, lalu ACR berdiam diri sebentar sambil melihat-lihat

lekuk tubuh si Blacky. ACR lalu melihat dan memeriksa bagian baut-baut yang menghubungkan fairing depan, kiri dan kanan, begitu juga baut-baut pada braket. Sambil sedikit menggoyang-goyangkan fairing di bagian samping, ACR mendengar suara krotok-krotok tersebut di bagian bawah. ACR memeriksa setiap baut apakah ada yang kendor, dan ternyata? baut braket custom yang pernah ACR buat di tukang las dulu, baut yang nemplok di rangka, keadaannya kendor.! Walaaah, cuma ini tok masalahnya toh.

 

Baut bracker kendor penyebab suara misterius berasal.
Lalu ACR mengambil kunci ukuran 12 dan memutar baut tersebut sampai benar-benar kentjang. ACR mengetes si Blacky di jalan yang permukaan yang tidak rata alias rusak, suara krotok-krotok tidak terdengar. ACR coba menambah kecepatan agar goncangan semakin keras, syukurlah suara krotok-krotok sudah hilang. ACR balik ke rumah dan mengencangan semua baut yang nemplok di fairing. Dan akhirnya ketika pagi tadi ACR bawa Blacky berangkat kerja, tidak terdengar suara krotok-krotok lagi. Horeeee..
Cuma ini toh masalahnya dan sudah teratasi dengan sempurna, Sekian dari ACR terimakasih ^_^
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s